A: apa itu cornering?
Gue:
Cornering atau menikung adalah kemampuan untuk melewati tikungan dengan kecepatan tinggi, menjaga kecepatannya dan tidak celaka.
(diadaptasi dari definisi cornering menurut sports-library)
Bagi sebagian orang, cornering adalah bagian paling enjoyable dari mengendarai sepeda motor, cara melepaskan stres dari rutinitas, dan mendapatkan kepuasan pribadi.
Tidak diingkari bagi sebagian orang lainnya cornering terlihat mengerikan. Namun dengan pemahaman dan latihan benar, maka cornering akan dapat dilakukan dengan aman. Bahkan dapat membantu meminimalkan resiko celaka.
*) Satu hal yang perlu digaris bawahi: Berkendara sepeda motor, apapun jenisnya itu beresiko celaka. Satu-satunya cara untuk sepenuhnya menghindari resiko tersebut adalah dengan tidak berkendara sepeda motor sama sekali.
And :
terlepas tujuannya sport-oriented atau bukan, cornering merupakan bagian ngga terpisahkan dari riding itu sendiri. Kita ngga mungkin selalu jalan lurus dan belok tegak. Kapanpun kita riding dan melewati belokan, kita sudah bisa dibilang cornering (walaupun memang identiknya sama mid dan hi speed, kalo slow biasa disebutnya turning). So, sebenernya semua rider ngelakuin ini, terlepas tekniknya sudah bagus atau masih asal belok.
A: Cornering harus miring ya?
Gue: Semua kendaraan beroda 2 segaris (satu roda di depan roda lainnya) pasti miring kalau belok, sepeda pun begitu. Itu juga alasannya kenapa ban sepeda dan motor bentuknya membulat, bukan datar seperti ban mobil.
Tapi jangan juga keliru kalau nikung itu harus betul2 miring. karena logikanya, motor semakin tegak semakin stabil. dimana kerja suspensinya lebih ringan dan traksi ban terhadap aspal lebih kuat. Masih belum jelas?