[KULINER]Kepiting Kam-Heong Mak Nyuss dari Seroeni

http://images.detik.com/content/2012/04/05/933/mbbseroenictt.jpg
Seroeni adalah bagian dari S-2 – sebuah one-stop eateries under one roof – yang menampilkan enam gerai makanan/jajanan di satu lokasi. Di dalam kompleks modern yang luas ini didapati Geisha Japanese Restaurant, Fleur International Restaurant, Fiore Creamery (gelato), Moshi-moshi Japanese Bread, Snow Monster (snow ice), dan Seroeni Peranakan Parlour. Apapun pilihan Anda, kemungkinan besar dapat dijumpai di sini.

Seroeni menampilkan sajian peranakan Tionghoa-Melayu dalam fine-dining setting yang menawan. Sangat mewah untuk ukuran Semarang, sekalipun dari segi harga ternyata standarnya masih sangat affordable. Bayangkan, masakan kepitingnya yang istimewa (sekitar 500 gram bobot mati), hanya dibandrol dengan harga Rp 119 ribu. Masakan udangnya rata-rata Rp 59 ribu. Di Jakarta, masakan kepiting dan udang di warung tenda pun sudah setara harganya. Masakan termahal di Seroeni adalah lobster yang diberi label harga Rp 225 ribu per porsi.

Daftar menunya sangat elaborate. Untuk hidangan pembuka, tersedia: Thai mango salad, octopus & seaweed salad, crispy honey eel, hot&sour szechuan soup, dan lain-lain. Masakan udangnya bermacam-macam: golden nestum prawn, mayonaisse prawn, crispy prawn with lemon sauce, salted egg butter lobster. Kepitingnya dimasak kukus maupun goreng, seperti: crispy oatmeal soft-shell crab, chili crab, salted-egg butter crab, dan lain-lain.

Untuk memastikan otentisitas masakan peranakan, Seroeni mempekerjakan seorang chef dari Penang. Padahal, sebetulnya, di Malaysia yang lebih terkenal masakan peranakannya adalah justru dari Melaka. Saya beruntung pernah mencicipi masakan langsung Chef Bob yang ternyata memang benar-benar mak nyuss? Chef Bob juga sangat trampil memanfaatkan berbagai teknik manual memasak.

Salah satu resep andalan Chef Bob adalah udang atau kepiting saus kam-heong. Mirip chili sauce, namun lebih gelap warnanya dan tingkat kepedasannya lebih sopan. Aroma dan citarasa blacan (trasi) yang intens namun lembut menjadi kekuatan utama sajian ini. Kepiting atau udang digoreng cepat dengan suhu tinggi, lalu dibalur dengan saus kam-heong, dibubuhi daun kari atau salam keju yang aroma harumnya semakin meng-elevasi kualitas masakan ini. Mak nyuss!

Mudah-mudahan, bila Anda mampir ke Seroeni nanti, pemiliknya sudah menyediakan roti goreng mantau untuk mencocol saus kam-heong seperti yang saya sarankan.

Seroeni Peranakan Parlour
Jl. Sisingamangaraja
Candi Baru, Semarang
024 8503344
www.seroeni.com
SUMBER:http://food.detik.com/read/2012/04/05/112613/1885803/933/kepiting-kam-heong-mak-nyuss-dari-seroeni