Jenis kopi kelas dunia

[details=ARABICA]http://i41.tinypic.com/2qtivid.jpg
[/details]

  1. Kopi arabika (arabica coffee)
    Kopi yang berasal dari Brasil dan Etiopia ini menguasai 70 persen pasar kopi dunia. Kopi arabika memiliki banyak varietas, tergantung negara, iklim, dan tanah tempat kopi ditanam. Anda bisa menemukan kopi toraja, mandailing, kolumbia, brasilia, dan lain sebagainya. Antara kopi arabika yang satu dan yang lain punya perbedaan rasa.

Berikut ciri-ciri kopi arabika:
*Aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah. Hidup di daerah yang sejuk dan dingin.

  • Memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta.
  • Memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut.
  • Rasa kopi arabika lebih mild atau halus.
  • Kopi arabika juga terkenal pahit.
  • Harganya sekitar Rp 32.000 per kg.

[details=ROBUSTA]http://i44.tinypic.com/2eq456u.jpg
[/details]
2. Kopi robusta
Menguasai 30 persen pasar dunia. Kopi ini tersebar di luar Kolumbia, seperti di Indonesia dan Filipina. Sama seperti arabika, kondisi tanah, iklim, dan proses pengemasan kopi ini akan berbeda untuk setiap negara dan menghasilkan rasa yang sedikit banyak juga berbeda.

Ciri-ciri kopi robusta:

  • Memiliki rasa yang lebih seperti cokelat.
  • Bau yang dihasilkan khas dan manis.
  • Warnanya bervariasi sesuai dengan cara pengolahan.
  • Memiliki tekstur yang lebih kasar dari arabika.
  • Harganya sekitar Rp 18.000 per kg.

[details=RASAMOCA]http://i42.tinypic.com/xo1sao.jpg
[/details]
3. Kopi ekselsa, racemosa, dan liberica (african coffee)
Merupakan jenis kopi yang berada di antara arabika dan robusta. Kopi tersebut saat ini masih dalam tahap pengembangan.

[details=KOPI LUWAK]http://i39.tinypic.com/161nhcl.jpg
[/details]
4. Kopi luwak
Merupakan kopi yang berasal dari biji kopi arabika atau robusta yang dimakan oleh luwak. Luwak akan menelan buah kopi (berwarna merah) dan memprosesnya dengan enzim yang ada di perutnya. Biji dari buah kopi itu lalu terbuang bersama kotorannya.

Biji inilah yang dinamakan kopi luwak. Kita masih meneliti enzim yang ada di perut luwak yang membuat kopi ini jadi lebih sedap.

Kopi luwak dihargai sekitar Rp 350.000, bahkan lebih, tergantung jenis kopi yang dimakan luwak. Kopi luwak menjadi lebih istimewa karena luwak mencari buah kopi yang 90 persen matang. Ia tidak melihat warna, tetapi menggunakan daya penciuman yang tajam dan selalu mencari kopi pada malam hari. Dalam satu pohon kopi, hanya 1-2 butir buah yang dimakan. Dengan begitu, kopi yang diambil oleh luwak adalah kopi dengan nilai kematangan tertinggi, yang tentunya amat berpengaruh pada rasa kopi nantinya.

Apa pun jenis kopi yang ada, proses penyortiran hingga pengemasannya amat berpengaruh pada rasa kopi. Misalnya, kopi yang tercampur dengan tanah, daun, ranting, dan benda lainnya yang ikut terbawa saat pemetikan dan penjemuran kopi akan mempengaruhi cita rasa kopi.

wih nice share nih gan.

kopi kita masuk nomor 4, pdhl luwak itu menurut gw paling enak ya walau buatnya sedikit menjijikan,
tp klo rasa :sip: :sip: hha :slight_smile:

Salah kamar !
Gue masukin Forum “Do you know ?”

kawekaokawe sorry bos rada blawur e tadi hehe

kk saya pesen kopi yg nomor 4 ya
walupun pembuatanya agak memjijikan tapi enak rasanya :sip::sip::sip:

Wah …
meski dari kotoran luwak
tapi itu kopinya paling mantap dan paling mahal

kopi dalam gambar di atas manteb-manteb kopi ternama enak tuh buat gue bangun tidur ajiiiib

kopi luwak rasanya kaya apa gan? wah blm pernah gue. -_-

itu jenis kopi negara kita-_-

Kebanyakan kopi luwak di produksi dan subur di sulawesi men,klo lu kesana jamin deh dapet murah lu…btw mengopi secangkir kopi 3x/perhari menurunkan resiko penyakit jantung hingga 45% daripada yg mengopi hanya 1x perhari atau bahkan 1x dalam seminggu…budayakan mengopi buat yg suka pagi,siang dan malam

emang kopi luwak terbuatnya dr apa gan ??

no 4 enak dan mantab :siul:

dari duburnya luwak donk gan…
asli enak:hohoho::hohoho:

Intinya semua Kopi itu enak kok…
apalagi sambil merokok+maen dota dijamin sampe beyond godlike dah^^
:lega::lega::lega:

namanya itu surga pergamean ckckckck:terharu::terharu::terharu:

wah …

KOPIKO nggak ada ya gan ? hhe … JK :siul:

ehmm … klau kopi luwak mah dah pernah nyoba … di Jawa banyak ntuh kopi luwak ,

di deket rumah juga ada di tempat nasi kucingan …

eh … enak yg RASAMOCCA eh kayanya … pengend nyoba … ^^ :ptu:

KOPIKO itu permeeeeeeeeen:ngantuk::ngantuk::ngantuk::ngantuk: