[ASK] Tentang chat IC uang

Saya ada pertanyaan nih mengenai Roleplay chat uang:

Apakah jika chat IC (Baik melalui chat dan /sms) mengenai jumlah uang sebaiknya menggunakan angka atau huruf?

Example 1
James : Pak berapa harga mobil tersebut?
Brad : Mobil ini kondisi bagus dan kilometer rendah saya kasih harga murah deh, $15.000 aja. Gimana?
James : Oke Pak nanti saya pikirkan lagi mengenai harganya.

Example 2
James : Pak berapa harga mobil tersebut?
Brad : Mobil ini kondisi bagus dan kilometer rendah saya kasih harga murah deh, Lima Belas Ribu Dollar aja. Gimana?
James : Oke Pak nanti saya pikirkan lagi mengenai harganya.

Jadi bagaimana menurut kalian?

Kalo aku rekomen sih pake huruf kalo kita chat IC (bukan /sms) karena chat IC ibaratnya kita ngomong ama orang lain, jadi kita kalo ngomong pasti kan kita bilang kata" bukan angka …
Contoh: Harga mobil nya tiga ratus ribu pak. Gak mungkin kan gini: Harga mobil nya tiga kosong kosong kosong kosong kosong kosong …
Jadi lebih enaknya pake huruf sih :slight_smile:

CMIIW :smiley:

Oke deh Jim, makasih ya udah mau reply…Jadi ada pilihan tepat untuk Roleplay chat mengenai uang

Sebenernya sama aja sih, mau lu pake angka, mau lu pake huruf di chat IC.

Toh ini kan kita menulis bahasa tulisan kan? Orang juga pasti ngebacanya tetep “lima belas ribu dollar” meskipun ditulisnya “$15.000”.

Tapi kalo etika yang sering berlaku di Internasional, lebih baik nulisnya pake huruf. Kalo di Indonesia sih pake EYD aja, gue pernah dikasih tau ama guru gue waktu SMA soal ketentuan EYD mengenai penulisan angka yg benar buat tulisan.

Nanti gue update lagi kalo udah ketemu referensinya.

Buku Panduan Ejaan Yang Disempurnakan - Online Source

I. Angka dan lambang bilangan.
Angka dipakai untuk menyatakan lambang bilangan atau nomor yang lazimnya ditulis dengan angka Arab atau angka Romawi.

Fungsi

  1. menyatakan (i) ukuran panjang, berat, luas, dan isi (ii) satuan waktu (iii) nilai uang, dan (iv) kuantitas,
  2. melambangkan nomor jalan, rumah, apartemen, atau kamar pada alamat,
  3. menomori bagian karangan dan ayat kitab suci,

Penulisan

  1. Lambang bilangan utuh dan pecahan dengan huruf,
  2. Lambang bilangan tingkat,
  3. Lambang bilangan yang mendapat akhiran -an,
  4. Ditulis dengan huruf jika dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata, kecuali jika beberapa lambang bilangan dipakai secara berurutan, seperti dalam perincian dan pemaparan,
  5. Ditulis dengan huruf jika terletak di awal kalimat. Jika perlu, susunan kalimat diubah sehingga bilangan yang tidak dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata tidak terdapat pada awal kalimat,
  6. Dapat dieja sebagian supaya lebih mudah dibaca bagi bilangan utuh yang besar,
  7. Tidak perlu ditulis dengan angka dan huruf sekaligus dalam teks kecuali di dalam dokumen resmi seperti akta dan kuitansi,
  8. Jika bilangan dilambangkan dengan angka dan huruf, penulisannya harus tepat.

Oh gitu ya jadi sama aja , dan kalau menurut EYD sih sebaiknya menggunakan huruf.

Oke jadi problem terpecahkan mau pakai angka maupun huruf sama aja.