[ASK] Seputar Roleplay

Oke, ada pertanyaan seputar Roleplay yang masih belum saya pahami secara jelas.

Pertanyaan #1 : Robbing

  • Mengenai kasus penculikan

Yang aku bingung, di rules nomor 9 pada Server In-Game Rules bahwa “Tidak diizinkan untuk merampok, menyandera, dan/atau menipu yang menyalahi ketentuan ini.” nah di situ kan tertulis dilarang untuk melakukan penyanderaan, nah kalau kita artikan penyanderaan itu kan berarti kita minta tebusan sama orang tersebut. Jika kita bawa korban tersebut ke tempat jauh dan kita rob beliau di tempat tersebut, hal itu kan termasuk dengan penculikan, dan apakah itu melanggar rules nomor 9 itu sendiri ?

Nah, apabila kita memang ingin melakukan rob terhadap korban tersebut (dalam kondisi pingsan) di hutan / luar kota Los Santos, apakah itu dilarang?

Apakah jika kita rob orang tersebut dan kita bawa ke tempat yang jauh dari Los Santos (dalam keadaan hidup) masih tetap termasuk penculikan dan melanggar peraturan No. 9 ?

Apakah setelah kita melakukan rob terhadap orang (kondisi masih hidup) dan kita meletakkan orang tersebut ke tempat yang sangat jauh dalam kondisi diikat diperbolehkan? Nah, jika kita meletakkan mereka ke tempat yang jauh dan dalam kondisi diikat, maka mereka tidak akan bisa melakukan hal apapun kan, nah otomatis wellness kan selalu berkurang, apakah setelah mereka mati itu berarti termasuk NK (Tidak ingat apa yang telah terjadi) ?

Untuk kasus pembunuhan setelah dilakukan robbing itu kan DILARANG, nah bagaimana jika kita menginginkan supaya setelah kita melakukan rob tersebut dan identitas kita tidak dilaporkan ke police ?

Setelah kita melakukan robbing terhadap seseorang dan dilakukan di tempat yang jauh dari Los Santos, apakah kita harus mengembalikan seseorang tersebut ke Los Santos lagi? baik dalam kondisi hidup / pingsan

  • Mengenai kasus robbing senjata di kendaraan

Apabila kita melakukan robbing, dan korban sedang membawa kendaraan, apakah kita boleh mengambil senjata yang disimpan di dalam bagasi kendaraan tersebut?

Apabila korban telah di rob dan beliau membawa mobil, apakah kita boleh membawa kabur kendaraan tersebut dan menghancurkan kendaraan tersebut ?

Ketika ingin membawa kabur kendaraan tersebut, apakah kita boleh menyuruh orang tersebut untuk “/givecarkey” ?

  • Mengenai kasus robbing di tempat Non-Crowded Place

Sebagai contoh, jika kita melakukan rob di sekitaran Ocean Docks (Dekat trucker), apakah itu dilarang? jika diperbolehkan, tidak kah termasuk PG jika melakukan robbing di tempat tersebut? karena jika kita pikir-pikirkan pasti RPnya itu ada orang yang lewat, entah itu police atau warga biasa yang melewati jalan tersebut.

  • Mengenai kasus penipuan

Apakah boleh, jika kita menggunakan modus berjualan senjata, kemudian kita bawa ke tempat sepi dan kita melakukan robbing di tempat itu? bukankah itu termasuk scam dan si korban harus level 6 ke atas?

Pertanyaan #2 : Berkelahi
Bagaimana RP yang benar ketika kita ingin melakukan perkelahian? coba saya contohkan RP berkelahi, apabila ada kesalahan tolong diperbaiki:

Point “A”

[code]Jimmy dan Toni saling berhadap-hadapan dan berdiri di posisi yang dekat
Jimmy: Woi, apa maksud lo barusan gangguin temen gua ?
Jimmy: Dia barusan lapor sama gua kalo lo yang gangguin dia, nah maksud gua dateng ini supaya lo ganti rugi.
Toni: Ya, karena temen lo itu gangguin gua duluan. Emangnya ada urusan apa lo ?
Toni: Emang gua pikirin ? Masa bodoh.

  • Jimmy menganyunkan tangan kanannya ke arah kepala Toni dengan kuat.
  • Ada perlawanan ? (( Jimmy ))
  • Toni menangkis pukulan Jimmy dengan tangan kanannya.
  • Jimmy menganyunkan tangan kirinya ke arah kepala Toni dengan kuat.
  • Ada perlawanan (( Jimmy ))
  • Toni menangkis pukulan Jimmy dengan tangan kirinya. (( Toni ))
  • Jimmy menendang alat kelamin Toni dengan kaki kirinya dengan kuat.[/code]

Nah, disini kan awalnya si Jimmy memukul kepala Toni dan kemudian si Toni menangks pukulan tersebut, kemudian Jimmy ingin memukul kepala Jimmy namun Toni menangkis pukulan Jimmy tersebut. Nah, bagaimana supaya pukulan tersebut berhasil? karena jika tiap kali kita /me memukul, si korban malah /me menangkis. Dan, apakah setiap orang berhak melakukan combo secara terus menerus (Jimmy melakukan pukulan terus menerus, Toni menangkis terus menerus) ?

Point “B”

[code]* Jimmy menganyunkan tangan kanannya ke arah kepala Toni dengan kuat.

  • Ada perlawanan ? (( Jimmy ))
  • Toni menangkis pukulan Jimmy dengan tangan kanannya.
  • Brawl ? (( Jimmy ))
  • Yes (( Toni ))
    Saling pukul-pukulan[/code]

Yang benar itu Point “A” atau Point “B” ?

Mungkin itu aja dulu pertanyaan nya, mungkin masih banyak lagi yang mau aku tanyain, tapi nnti akan aku update lagi. Mohon maaf kalo ada salah-salah kata ataupun kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda sekalian.

Hang on, gue harus analyze dulu ini. Mungkin gue bakalan berikan jawabannya nanti malem atau besok. Soalnya ini emang agak berat pertanyaannya. But good. Kalo ada pertanyaan tambahan, silakan edit aja threadnya. Nanti gue bakalan update jawabannya.

Oke gue coba jawab dulu beberapa di sini.

Ini seharusnya masuk ke penculikan juga. Nanti gue revisi di update selanjutnya untuk Server Rules.

Kalau dibawa secara jauh (lebih jauh dari wilayah Red County - Los Santos), itu udah termasuk ke penculikan, meski sifatnya sementar

Jawabannya sama kayak diatas tadi.

Yes, itu termasuk NK.

Ini sih dimulai dari pinter-pinternya si perampok aja nyembunyiin identitas sama ngebikin si korban takut buat ngelapor ke polisi. Bisa dengan bikin pingsan, ataupun mau diancem bakalan digorok anunya kalo misal ngelapor ke polisi, terserah, asal jangan PG aja. Toh kalo emang dia lapor ke polisi, buktinya ada? Inget loh, polisi ga bisa nangkep orang tanpa adanya kesaksian. Walaupun bukti forensik bisa didapat, tapi kadang itu ga cukup.

Tergantung. Kalo masih di wilayah LS/RC, ya lo mau buang di tempat lu ngerampok juga gapapa. Cuman resikonya paling kalo disitu ditemuin mayat, polisi/sheriff pasti lebih sering patroli di situ. Tapi kalo di luar LS/RC, itu udah termasuk penculikan.

Yang ngelarang emang ada?

Bawa kabur boleh, kalo diancurin gabisa. Itu termasuk PG

No, karena itu jatuhnya akan sama seperti merampok kendaraan, yang dilarang di dalam Rule Number 9.

Kalo misal di pinggir jalan, ya silakan liat aja etikanya, seberani-beraninya seseorang dan se-sepi-sepinya suatu jalan, pasti orang nggak akan berani ngerampok di tengah/pinggir jalan (kecuali palingan kalo udah diatas jam 00.00. Kalo diatas jam 00.00 ini udah banyak kejadian kriminal yg rampok di jalan kok ). Minimal dibawa ke tempat yang agak tersembunyi dulu dari jalanan, baru dirampok. Yang pasti larangan melakukan aktivitas kriminal pasti berlaku di restricted places.

Ini termasuk penipuan (scam).

Ga ada yang salah dari kedua hal tersebut (baik A ataupun B) sebenarnya, cuman untuk yang A gue saranin lebih baik dilakuin ke orang yang common-sense-nya udah tinggi dan RPnya udah mahir, sehingga dia tahu batas kemampuan karakternya. Begitupun dengan elunya sendiri. Kalo lu ngerasa nggak siap buat ngetik /me bersahut-sahutan sama lawan RP lu, mendingan gausah pake yang ini.

Kalo dengan kultur dan keadaan player yang seperti ini, gue saranin lakuin yang B aja. Tapi yang B ini seringnya dipake kalo misalnya brawl rame-rame, bukan 1 atau 2 orang.

Sekedar kepo aja, lu kan RP Bikers? Kenapa yang lu tanyain/teliti itu tentang RP merampok (kriminal secara umum), dan bukan RP Bikers yang bener dan baik? Apakah se-malas itukah antum ngeresearch untuk RP Bikers, atau gimana?

Ini gue cuman penasaran aja, karena apa yang diteliti orang itu seringkali menjadi cerminan apa yang jadi minat dia di suatu bidang tertentu.

No offense, just curious.

Jujur aja, gua sendiri jarang-jarang loh melakukan RP robbing setelah menjalani role Bikers sendiri. Nah, yang gua tanyain ini kan cuma buat mempejelas hal-hal yang aku kurang mengerti, karena daripada ga ditanyain malah menimbulkan kesalahpahaman maupun perbedaan pendapat dari tim-tim staff MT-RP lainnya

But, thanks for the answer :slight_smile:

Nah begini, di rules kan mengatakan bahwa scam dilarang lebih dari $45.000, itu maksudnya kita menipunya dengan modus misalnya kita jualan mobil, terus kita suruh dia kasih duit $45.000 dulu nanti baru dikasih mobilnya ?. Nah, lain hal kalo kita ingin melakukan rob, ya kalo kita pikir-pikir, yang namanya kita mau rob orang, pasti kita kan bawa tuh orang ke tempat sepi, nah cara dia bawa ke tempat sepi kan bisa juga suruh dia ikutin kita / dateng ke suatu tempat, gak mungkin kan kalo tuh orang yang lagi di kota terus kita langsung nodongin senjata gitu, pasti kita harus nyari alasan supaya dia mau ikut sama kita.

Nah, kemudian jika kita menggunakan modus berjualan senjata namun jika kita rob orang tsb termasuk scam, berarti orang yang jualan senjata itu gak boleh ngerob ketika dia bertransaksi? bukannya kalo kita pikirkan juga kita transaksi senjata itu emang resiko untuk di rob itu besar?

Mau ngasih penjelasan aja,
Masalah Roleplay Bikers kita juga udah nyari gimana gimana Roleplay Bikers sedemikian rupa . Mulai dari mas ryo yang udah ngasih buku tentang Kegiatan Bikers di IRL sampai gue yang udah ngudek ngudek forum eLeSeRPe buat nyari Roleplay bikers.

Masalah tentang ini emang udah dari dulu gue sama Jimmy sering omongin berdua karena bingung juga baiknya gimana

Just for information.

Ya scam jenis apapun tetep gaboleh melebihini dari 45k, udah definitif itu. Kalo bawa orang ke tempat sepi, balik lagi ke kreativitas lo lo pada. Mau dibuat pingsan kek, mau diancem todong senjata dipepet kek, mau pura-pura minta tolong kek, itu kreativitas lo. Yang namanya rampok itu ya lu mengambil harta dia secara paksa, bukan dengan iming-iming harta atau apapun.

Ya karena emang aturan menyatakan gaboleh, otomatis ga boleh. Ingat, tidak semua hal dalam In-Game bisa disesuaikan 100% dengan Real-Life.

Cuman nanya, ya alhamdulillah kalo emang kayak gini tujuannya :smiley:

Inti dari pertanyaan aku itu, kalo kita bawa boongin orang ke suatu tempat (misalnya telpon mech) dan nodong itu kan termasuk scam, jadi hanya boleh dilakukan untuk level 6 ke atas jika ingin menggunakan modus seperti itu ?

Ya, hanya boleh untuk level 6 ke atas.

Oh iya bro, kalo ada orang yang masih nekat rob selain di crowded place namun masih pagi / siang, berarti orang yang rob itu termasuk PG ?

Jika kita melakukan penodongan / penembakan di jalan raya gitu (non crowded place) itu termasuk PG atau termasuk hal IC (lapor police) ?

Ya pake aja common-sense-nya. Emang ada orang berani ngerampok di pinggir jalan di siang bolong? Yang ada juga perampok narik dulu mereka ke gang sempit atau belakang gedung, baru dirampok. Seberani-beraninya dan sesepi-sepinya jalanan siang hari, almost impossible buat orang untuk ngelakuin perampokan di tengah/pinggir jalan.

iya intinya itu termasuk BR gak ?